Era digital menuntut transformasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran, termasuk dalam pembelajaran sains. Selama ini, pembelajaran sains di sekolah terutama tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih dihadapkan pada beberapa permasalahan, yakni kurangnya variasi media pembelajaran akibat media pembelajaran masih bersifat konvensional dan guru masih menggunakan metode ceramah, rendahnya minat belajar sains akibat para siswa menganggap sains merupakan mata pelajaran yang sulit, dan keterbatasan kemampuan siswa dalam memahami konsep sains. Pemanfaatan media interaktif berbasis e-learning oleh guru seperti ThingLink dapat menjadi solusi yang tepat atas permasalahan-permasalahan tersebut. ThingLink merupakan platform digital yang memungkinkan pengguna untuk membuat konten interaktif yang menggabungkan berbagai media seperti teks, gambar, video, audio, dan tautan website. ThingLink dapat digunakan untuk membuat berbagai macam konten pembelajaran sains, seperti presentasi, simulasi, dan eksperimen virtual. Disamping itu, pelatihan peningkatan memori otak juga diperlukan untuk membantu guru dalam meningkatkan kemampuannya dalam menyerap informasi dan mengolahnya dengan lebih efektif. Hal ini penting mengingat guru harus selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas kepada siswanya. Berdasarkan permasalahan yang telah dijabarkan, dirasa perlu untuk mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam bentuk pelatihan yang bertujuan untuk untuk membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan media interaktif berbasis e-learning: ThingLink untuk pembelajaran sains serta pelatihan kemampuan memori otak. Mitra kegiatan PkM adalah MGMP IPA Kota Tangerang. Kegiatan PkM ini dilaksanakan secara luring di SMP Negeri 13 Kota Tangerang. Kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis, 30 Mei 2024 ini diikuti oleh tim pengabdian yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan tendik lab Fisika. Materi yang menjadi topik kegiatan penyuluhan ini berkaitan dengan mata kuliah Fisika I, Fisika II, dan Praktikum Fisika. Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah hak cipta yang berupa poster kegiatan dan jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang diharapkan dapat disubmit pada jurnal nasional dengan topik Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif dan Pemaksimalan Kemampuan Memori Otak. Diharapkan, kegiatan PkM ini dapat bermanfaat baik bagi guru terutama dari segi peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru dalam mengajar sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sains di kelas. Diharapkan, pelatihan ini nantinya dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan menggandeng lebih banyak mitra pendidik di lingkup wilayah sekitar Universitas Trisakti.
Oleh :
Ika Wahyu Utami