Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk untuk menunjang peningkatan dan pemberdayaan kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini adalah untuk lebih meningkatkan pemahaman dan kesadaran peserta akan pentingnya lebih memahami: Peningkatan Kualitas Produksi Dan Pemanfaatan Pemasaran Digital Guna Memperluas Pangsa Pasar sehingga diharapkan UMKM dapat kompetitif di pasar. Pendekatan pemecahan masalah dengan melakukan dialog dalam bentuk pemberian materi/penyuluhan kemudian diberikan pelatihan dan dilanjutkan tanya jawab/diskusi permasalahan yang dihadapi peserta pelaku UMKM. Pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini merupakan pengusaha mikro kecil dan pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Krendang, Wilayah Kelurahan Krendang, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Peserta penyuluhan dan pelatihan berjumlah 21 orang. Kegiatan dilakukan hanya dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan. Penyuluhan dan pelatihan ini dilakukan dengan daring dan menggunakan aplikasi ZOOM. Penyuluhan dan pelatihan ini mendapat tanggapan peserta yang sangat positif, dimana hal ini dapat dilihat dari antusiasnya para peserta dalam mengajukan berbagai pertanyaan pada sesi tanya bagaimana pemanfaatan media sosial (medsos), bagaimana cara membuat akunnya, bagaimana cara memasukkan di media sosial dan di perusahaan marketplace untuk memperluas pemasarannya. Memberikan pelatihan akses pemasaran dan melakukan pendampingan usaha, strategi bagaimana berkomunikasi melalui media sosial serta menghubungkan beberapa usaha mikro kecil yang terkait untuk saling bekerjasama dengan provider-provider besar. Contoh: Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Gofood dll..
Oleh :
Nico Lukito