Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk untuk menunjang peningkatan dan pemberdayaan kegiatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan untuk lebih meningkatkan pemahaman dan kesadaran peserta akan pentingnya lebih memahami dan pemanfaatan green digital marketing guna memperluas pemasaran, sehingga diharapkan UMKM dapat kompetitif di pasar. Kegiatan dilakukan dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan. PkM ini dilakukan di Roti Sai Mai Phra Nakhon Si Ayutthaya Province, Thailand dan di Ban Kong Por Sufficiency Economy Learning Center. District: Phra Nakhon Si Ayutthaya Province, Thailand. Roti Sai Mai dikenal sebagai permen yang dibungkus roti atau permen kapas di Ayutthaya, merupakan makanan penutup dari Thailand. Makanan penutup ini bernuansa Islami yang disajikan dengan membungkus permen kapas dengan roti manis. Ban Kong Por Sufficiency Economy Learning Center merupakan prakarsa dari Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej, Raja Rama IX. Pusat Pembelajaran Ekonomi Kecukupan "Ban Kong Por" Merupakan tempat yang idenya dari Raja Rama IX yang memprakarsai teori pertanian baru dengan ekonomi kecukupan, cukup untuk hidup, cukup untuk makan dan cukup untuk digunakan, untuk beradaptasi dalam kehidupan. Para pelaku UMKM di Thailand didalam menggunakan green digital marketing harus tahu menggunakannya sebagai sarana pemasaran guna memperluas pangsa pasar. Program pelatihan bagi UMKM ini berlangsung selama 2 hari. Para peserta penyuluhan dan pelatihan ini berjumlah 40 orang. Program penyuluhan dan pelatihan ini mendapat tanggapan peserta yang sangat baik, dimana hal ini dapat dilihat dari antusiasnya para peserta dalam mengajukan berbagai pertanyaan pada sesi tanya jawab, bagaimana cara terdaftar di toko online atau media sosial, bagaimana cara membuat akunnya, digital marketing yang mana paling banyak digunakan, bagaimana pemanfaatan media sosial (medsos), bagaimana cara memasukkan di media sosial dan di toko online untuk memperluas pemasaran produk dan jasanya.
Oleh :
Nico Lukito