Penelitian ini dilatarbelakangi dari persaingan yang dinamis pada sektor e-commerce, khususnya marketplace. Setiap saat, selera dan pilihan masyarakat sebagai pengguna marketplacedapat denga mudah berubah. Oleh karena itu penting bagi marketplace untuk terus memahami dan menangkap aspek-aspek yang membentuk kepuasan para penggunanya. Berdasarkan hal ini, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan kepuasan pengguna marketplaceBukalapak. Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan pemodelan struktural dengan PLS-SEM menggunakan SmartPLS 3.0 untuk menganalisis 110 sampel yang berdomisi di Jakarta. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa aspek-aspek seperti kualitas sistem dan keamanan berpengaruh signifikan terhadap pembentuk kepuasan penggunanya. Dalam penelitian ini, akses terhadap informasi yang ada pada website marketplacedianggap sudah umum dan terbiasa sehingga hal ini tidak lagi membuat pengaruh yang signifikan bagi pengguna. Aspek-aspek yang sudah dianggap biasa dan umum bagi para penggun marketplacemaka menjadi masukan bagi perusahaan untuk dapat menentukan strategi pemasaran lainnya agar tetap mendapatkan tempat bagi para penggunannya.
Oleh :
Nico Lukito