Perkuliahan online merupakan solusi perkuliahan di era pandemi COVID-19. Akan tetapi dalam pelaksanaannya banyak permasalahan yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas perkuliahan secara online pada mata kuliah Matematika di program studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Trisakti berdasarkan persepsi mahasiswa. Sampel pada penelitian ini adalah 168 orang mahasiswa yang mengambil matakuliah Matematika1. Sampel mahasiswa diberi kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan disusun dalam bentuk Google Form. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan untuk menyelesaikan penelitian ini adalah metode Likert scale survey. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa setuju bahwa pelaksanaan perkuliahan online dapat diakses dengan mudah. Meskipun mahasiswa puas bahwa materi Matematika yang disajikan dalam papan tulis virtual membuat diskusi yang berlangsung didalam perkuliahan online membangkitkan minat, tetapi mahasiswa merasa kurang puas dengan pembelajaran matematika secara online. Hal ini disebabkan karena mahasiswa merasa kesulitan untuk berinteraksi dan berdiskusi dengan teman-teman nya untuk menyelesaikan makalah/ tugas-tugas yang diberikan oleh dosen
Oleh :
Giraldi Fardiaz Kuswanda