Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa konsekuensi hedonic value dan utilitarian value pada konsumen yang berbelanja di online fashion retailer. Dalam penelitian ini, terdapat empat variabel yang digunakan yaitu hedonic value, utilitarian value, customer satisfaction, dan behavioral intention. Metode analisa yang digunakan pada penelitian ini menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 250 responden. Metode penarikan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu mereka yang pernah membeli fashion dari empat brand di online fashion retailer. Hasil penelitian ini adalah (1) tidak terdapat pengaruh positif hedonic value terhadap customer satisfaction (2) terdapat pengaruh positif utilitarian value terhadap customer satisfaction (3) terdapat pengaruh positif hedonic value terhadap behavioral intention (4) terdapat pengaruh positif utilitarian value terhadap behavioral intention (5) tidak terdapat pengaruh positif hedonic value terhadap behavioral intention yang dimediasi oleh customer satisfaction (6) terdapat pengaruh positif utilitarian value terhadap behavioral intention yang dimediasi oleh customer satisfaction. Hasil penelitian ini juga memberikan saran kepada manajer brand online fashion retailer agar dapat mengembangkan strategi yang bisa meningkatkan customer satisfaction.
Oleh :
Ayu Ekasari