Tujuan penelitian ini adalah menganalisa faktor-faktor yang menentukan kepuasan para mitra kerja sama pada Program Doktor Ilmu Ekonomi, Universitas Trisakti. Populasi pada penelitian ini terdiri dari tiga puluh enam institusi/kelompok. Metode pengumpulan data adalah survey dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh anggota populasi. Data dianalisa menggunakan nilai mean yang diambil dari hasil statistik deskriptif. Hasil analisa data menunjukkan rata-rata mitra puas dengan kerja sama yang terjalin selama ini. Kontribusi penelitian ini bagi Program Doktor Ilmu Ekonomi, Universitas Trisakti adalah memberikan masukan mengenai aspek-aspek yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan dalam menjalin hubungan dengan mitra kerja sama. Dari sisi akademik, penelitian ini memperluas domain relationship marketing dalam konteks kepuasan yang selama ini didominasi kepuasan pelanggan. Kelemahan penelitian ini adalah penggunaan statistik deskriptif saja dalam menganalisa kepuasan pelanggan. Penelitian berikutnya dapat mengeksplorasi lebih mendalam tentang factor-faktor lain yang menentukan kepuasan mitra serta menggunakan analisa importance-performance. Kata kunci: mitra kerja sama, kepuasan
Oleh :
Ayu Ekasari