Repository Karya Ilmiah Universitas Trisakti

DETAIL KOLEKSI
Manajemen Pemasaran

Penelitian Pasar Konsep pemasaran modern mulai dikenal sejak tahun 1950an yang amat berbeda dengan pandangan tentang pemasaran sebelumnya yang berusaha menjual produk yang dihasilkan produsen. Namun dengan konsep yang baru, produsen atau pemasar harus menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Oleh Kotler, Keller dan Chernev (2022), pemasaran dimaknai sebagai mengidentifikasi serta memenuhi kebutuhan manusia dan sosial yang selaras dengan tujuan perusahaan. Ketiga pakar tersebut mendefinisikan manajemen pemasaran sebagai ilmu dan seni untuk memilih konsumen sasaran, memperoleh, mempertahankan dan meningkatkan pembelian konsumen melalui penciptaan, penyampaian dan mengomunikasikan superior customer value kepada konsumen. Dengan demikian, jelas bahwa pemasaran modern menekankan pada pemenuhan kebutuhan konsumen sebagai titik tolak aktivitas pemasaran . Oleh karena pemasar harus memahami konsumen dan kebutuhannya, maka perlu dilakukan penelitian terhadap konsumen agar dapat diketahui dengan tepat karakteristik dan kebutuhan konsumen.


IMG

Oleh :
Ayu Ekasari